Analisis Penerapan Pembelajaran Dalam Aspek Pendekatan Pembelajaran Dan Model Pembelajaran Matematika

Authors

  • Fahrul Ilmi

DOI:

https://doi.org/10.35141/jie.v1i1.536

Keywords:

analisis, penerapan pembelajaran, pendekatan pembelajaran, model pembelajaran, media pembelajaran

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran,
bagaimana analisis penerapan pembelajaran dan bagaimana dampak penerapan
pembelajaran matematika pada aspek pendekatan pembelajaran, model pembelajaran dan
media pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengumpulan data
dengan menggunakan observasi dan wawancara terhadap guru matematika. Adapun
penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan situasi sosial yaitu penelitian dilakukan di
kelas 8 dengan jumlah siswa 17 siswa dan 1 guru matematika.
Hasil penelitian yang dperoleh berdasarkan observasi dan wawancara yang
dilakukan yaitu penerapan pendekatan pembelajaran, model pembelajaran dan media
pembelajaran tidak sepenuhnya diterapkan guru matematika karena indikator penerapan
pendekatan pembelajaran, sintaks atau tahapan model pembelajaran, dan hal-hal yang harus
diperhatikan dalam penggunaan media pembelajaran tidak diterapkan seluruhnya sehingga
dampak terhadap proses pembelajaran menjadi tidak kondusif , dan hasil pembelajaran
terlihat tidak baik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil ulangan siswa sebesar 28,2
dengan nilai tertinggi 55 dan nilai terendah 0.

Downloads

Published

2018-02-28