Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Kelas V SDN Dono Harjo Melalui Metode Eksperimen
an effort to improve sience learning outcomes in class V of Dono Harjo publik elementary school with single and mixed object material through the experimental method
DOI:
https://doi.org/10.35141/jie.v5i2.472Keywords:
Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas, metode eksperimen, hasil belajar siswaAbstract
Guru merupakan hal yang paling paling penting dalam dunia pendidikan. Karena itu, guru mutlak perlu mengetahui metode-metode maupun cara yang efektif dalam sebuah proses pembelajaran agar tercapi tujuan hasil pembelajaran yang diinginkan. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan materi benda tunggal dan campuran melalui metode eksperimen. Metode eksperimen adalah suatu cara mengajar dimana siswa melakukan percobaan secara langsung tentang suatu hal. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Dono Harjo tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan metode eksperimen mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus II. Pada pra siklus hanya mencapai 34,62% (9 siswa) dengan nilai rata-rata hanya 63.07. kemudian pada siklus I persentase mencapai 50.00% (13 Siswa) dengan nilai rata-rata mencapai 69.80 dan pada perbaikan pembelajaran siklus II persentase mencapai 84,61% dan nilai rata-rata 84.03.