Penerapan Instrumen Asesmen Kinerja Berbasis Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas Ii Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35141/jie.v5i2.431Keywords:
Instrumen Asesmen Kinerja, Saintifik, Tematik.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen kinerja berbasis saintifik pada pembelajaran tematik terpadu kelas II Sekolah Dasar. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang merujuk pada teori Borg & Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan siswa kelas II Sekolah Dasar Kecamatan Baturaja Timur. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling sebanyak 20 siswa SDIA 70 Baturaja. Data dikumpulkan melalui lembar angket dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen asesmen kinerja yang dikembangkan memiliki kevalidan dengan kriteria sangat layak. Selain itu, pengujian reliabilitas pada instrumen asesmen kinerja juga menunjukkan hasil reliabilitas dengan kriteria konsistensi tingkat reliabilitas dalam kategori kuat. Dapat disimpulkan bahwa instrumen assessmen kinerja ini valid dan reliabel untuk mengukur dan menilai kinerja siswa baik aspek proses maupun produk pada siswa kelas II.