Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Kemampuan Matematis dan Gender

Authors

  • Ratnasari STKIP Muhammadiyah OKU Timur
  • Nikmah Nurvicalesti Dosen STKIP Muhammadiyah OKU Timur

DOI:

https://doi.org/10.35141/jie.v5i2.363

Keywords:

Soal cerita, berpikir matematis, dan gender

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita dalam pelajaran matematika yang mana ditinjau dari kemampuan matematis dan berdasarkan gender. Penelitian ini menggunakan metode literatur review. Literatur review adalah sebuah metode yang sistematis, eksplisit dan reprodusibel untuk melakukan identifikasi, evaluasi dan sintesis terhadap karya-karya hasil penelitian dan hasil pemikiran yang sudah dihasilkan oleh para peneliti dan praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan nilai rata-rata, minimum dan maksimum maka kemampuan berpikir kritis siswa laki-laki lebih baik dibandingkan dengan siswa perempuan. siswa laki-laki mampu menyebutkan informasi terkait masalah dalam soal sehingga dapat mempermudah dalam mengerjakan soal yang ada. Sedangkan siswa perempuan, lebih mengutamakan bagaimana agar soal dapat terjawab dengan cepat dan tepat, tanpa mengeksplorasi pemahaman yang dimilikinya, sehingga siswa perempuan tidak memiliki sudut pandang yang berbeda dalam menyelesaikan soal yang di berikan. Selain itu, siswa laki-laki memiliki daya abstraksi yang baik, sehingga dapat lebih mudah mengekplorasi pemahaman yang dimiliki untuk menyelesaikan soal segiempat dan segitiga, dan siswa laki-laki memiliki daya kritis yang baik dalam menyelesaikan soal yang ada.

Downloads

Published

2022-10-31