STUDI PENDAHULUAN TENTANG PROFIL BERPIKIR GEOMETRI SISWA SMP DITINJAU DARI PERBEDAAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT (FI) dan FIELD DEPENDENT (FD)

  • Ulfa Husna Universitas Adiwangsa Jambi
  • Nuraziza Nuraziza Universitas Adiwangsa Jambi
  • Cinthy Mutia Angelina Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: Berfikir Geometri, Gaya kognitif, Field Independent (FI), Field Dependent (FD)

Abstract

Penelitian ini dilatari oleh adanya dugaan perbedaan kemampuan berpikir
geometri siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent (FI) dan siswa yang memiliki
gaya kognitif Field Dependent (FD). Berdasarkan dugaan tersebut maka tujuan dari penelitian ini
adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir geometri siswa yang menjadi subjek penelitian
berdasarkan perbedaan gaya kognitif siswa pada materi segi empat. Penelitian yang
berpendekatan kualitatif naturalistik, mengambil 3 siswa yang memiliki gaya kognitif Field
Independent (FI) dan 3 siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent (FD) sebagai
subjek penelitian. Dalam metode ini, untuk menjaring informasi tentang profil berpikir
geometri subjek penelitian, masing-masing subjek penelitian diberi lembar kegiatan dengan
enam kegiatan yang meliputi: (1) Menggambar bangun-bangun segiempat, (2)
Menemutunjukkan dan mendefinisikan segiempat, (3) Menseleksi bangun-bangun segiempat,
(4) Menebak bangun misteri, (5) Keekuivalenan dua definisi jajargenjang, dan (6) Penerapan
bangun segiempat. Agar data dari hasil kegiatan siswa valid maka dilakukan triangulasi dengan
menggunakan teknik dan waktu yang berbeda. Subjek diwawancarai dalam enam kegiatan yang
sama seperti tersebut di atas. Kemudian data informasi berpikir geometri siswa dari hasil
wawancara dan hasil lembar kegiatan dikroscek, setelah valid kemudian dianalisis.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-10