Konsep Asesmen Nasional (AN) untuk Meningkatkan Mutu Proses dan Hasil Belajar

Authors

  • Sonya Fiskha Dwi Patri STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh

DOI:

https://doi.org/10.35141/jie.v5i1.285

Keywords:

AKM, AN, literasi, numerasi

Abstract

Asesmen nasional merupakan kebijakan pemerintah berdasarkan permendikbudristek nomor 17 tahun 2021 dan dilaksanakan untuk  pertama kali pada tahun 2021 yang telah diterapkan di sekolah mulai dari tingkat SD, SMP maupun tingkat SMA. Meskipun asesmen nasional telah pernah dilaksankan namun  asesmen nasional masih terasa awam dikalangan guru, siswa maupun stakeholder lainnya. Sehingga berdasarkan kondisi tersebut penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang konsep asesmen nasional (AN) yang terdiri dari AKM, survei karakter dan survei lingkungan belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu melakukan analisis dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi yaitu proses memilih, membandingkan, menggabungkan dan memilah berbagai pengertian hingga  ditemukan yang relevan. Asesmen nasional terdiri dari asesmen kompetensi minimum (AKM), survei karakter dan survei lingkungan belajar. Informasi yang diperoleh dari asesmen nasional diharapkan dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran disatuan pendidikan yang pada gilirannya dapat meningkatkan mutu hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2022-02-28