Konsep Asesmen Nasional (AN) untuk Meningkatkan Mutu Proses dan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.35141/jie.v5i1.285Keywords:
AKM, AN, literasi, numerasiAbstract
Asesmen nasional merupakan kebijakan pemerintah berdasarkan permendikbudristek nomor 17 tahun 2021 dan dilaksanakan untuk pertama kali pada tahun 2021 yang telah diterapkan di sekolah mulai dari tingkat SD, SMP maupun tingkat SMA. Meskipun asesmen nasional telah pernah dilaksankan namun asesmen nasional masih terasa awam dikalangan guru, siswa maupun stakeholder lainnya. Sehingga berdasarkan kondisi tersebut penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang konsep asesmen nasional (AN) yang terdiri dari AKM, survei karakter dan survei lingkungan belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu melakukan analisis dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi yaitu proses memilih, membandingkan, menggabungkan dan memilah berbagai pengertian hingga ditemukan yang relevan. Asesmen nasional terdiri dari asesmen kompetensi minimum (AKM), survei karakter dan survei lingkungan belajar. Informasi yang diperoleh dari asesmen nasional diharapkan dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran disatuan pendidikan yang pada gilirannya dapat meningkatkan mutu hasil belajar siswa.