Kontribusi Minat, Kreativitas dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa UT Medan

  • Haholongan Simanjuntak Universitas Terbuka
  • Lisbeth Laora Universitas Terbuka

Abstract

Penelitian ini mengekplorasi minat, kreativitas dan motivasi dalam belajar dan
kontribusinya terhadap kemampuan berpikir logis mahasiswa, dalam konteks Universitas
Terbuka. Kajian teori yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan adanya kontribusi minat,
kreativitas dan motivasi dalam belajar terhadap kemampuan berpikir logis. Riset ini untuk
bertujuan memvalidasinya dengan metode riset deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dari
populasi dengan teknik survei untuk mengukur minat, kreativitas serta motivasi, dan tes untuk
mengukur kemampuan berpikir logis. Hasil penelitian memberikan pencarahan bahwa minat,
kreativitas dan motivasi dalam belajar baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama
berkontribusi signifikan terhadap kemampuan berpikir logis. Peneliti memberikan saran bagi
peningkatan minat, kreativitas dan motivasi belajar mahasiswa yang menjadi responden pada
penelitian ini.

Published
2020-02-29