Studi Pendahuluan Tentang Profil Berpikir Relasional Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Perbedaan Gaya Kognitif Impulsif Dan Reflektif
DOI:
https://doi.org/10.35141/jie.v4i2.124Keywords:
Berpikir Relasional, memecahkan masalah matematika, gaya kognitif impulsif dan reflektifAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir relasional siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi bangun datar ditinjau dari perbedaan gaya kognitif impulsif dan reflektif. Berpikir relasional merupakan kemampuan siswa dalam memahami setiap langkah-langkah yang dilakukan dalam memecahkan masalah serta mengetahui alasan setiap langkah tersebut dilakukan.Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa berpikir relasional siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi bangun datar yang masih rendah. Ciri dari berpikir relasional yaitu siswa dapat berpikir dengan membangun hubungan dari berbagai objek/konteks yang terkait satu sama lain. Siswa bergaya kognitif impulsif memenuhi satu dari tujuh indikator pemahaman relasional yaitu dapat menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, sedangkan siswa bergaya kognitif reflektif memenuhi dua dari tujuh indikator pemahaman relasional yaitu dapat menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari dan dapat mengklarifikasi objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut.