Pengembangan Soal Matematika Berbasis PISA Pada Konten Change and Relationship Menggunakan Konteks Renang Indah
Keywords:
Design Research , PISA, Renang IndahAbstract
Hasil studi PISA menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa di Indonesia masih berada di bawah rata-rata internasional. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya penggunaan soal yang menuntut siswa untuk berpikir pada tingkat yang lebih tinggi dalam proses penilaian pembelajaran. Stacey merekomendasikan penelitian terkait penerapan soal PISA dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta kemampuan siswa. Dalam mengembangkan soal serupa PISA, diperlukan konteks berupa kondisi atau peristiwa nyata yang dekat dengan pengalaman atau imajinasi siswa. Salah satu peristiwa besar yang baru-baru ini terjadi adalah penyelenggaraan ASIAN GAMES. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan cabang olahraga yang dipertandingkan dalam ajang tersebut sebagai konteks untuk merancang soal berbasis PISA. Artikel ini bertujuan untuk mengembangkan soal berbasis PISA yang memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Penelitian ini menggunakan metode Design Research dengan jenis penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa sekolah menengah berusia 15 tahun. Tahapan penelitian meliputi preliminary study dan prototyping. Berdasarkan hasil analisis di setiap tahap, soal serupa PISA dengan konteks Renang Indah dinyatakan valid, praktis dan memiliki efek potensial.