MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENULIS DI SD
Keywords:
Keterampilan menulis, Motivasi, Pendidikan dasar, Faktor yang mempengaruhi menulisAbstract
Kemampuan menulis sangat penting bagi siswa sekolah dasar karena memengaruhi keberhasilan akademis dan kemampuan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi keterampilan menulis dan peran motivasi dalam kinerja siswa. Penelitian melibatkan siswa kelas IV dan V, dengan sampel dipilih melalui purposive sampling. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis tematik untuk menemukan tema utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal, seperti minat dan kondisi psikologis siswa, serta faktor eksternal, seperti dukungan keluarga dan lingkungan sekolah, mempengaruhi kemampuan menulis. Kesimpulan menekankan pentingnya lingkungan yang mendukung dan peningkatan motivasi siswa dalam memperbaiki keterampilan menulis. Rekomendasi bagi penelitian mendatang mencakup pengembangan intervensi yang sesuai untuk mengatasi hambatan yang ditemukan.