PENGARUH EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 12 KERINCI

  • Enny Zarvianti STKIP Muhammadiayah Sungai Penuh

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut peningkatan mutu pendidikan yang dapat dilakukan dengan melakukan perbaikan, perubahan dan pembaharuan terhadap aspek-aspek yang mempengaruhi keberhasilan  pendidikan meliputi pelaksanaan penantaran guru, meningkatkan kualifikasi  pendidikan guru menyempurnakan kurikulum, sarana dan prasarana serta metode pembelajaran. Aspek-aspek yang paling dominan adalah guru dan peserta didik. pembelajaran fisika yang terjadi yaitu pembelajaran yang masih berpusat  pada guru, Peserta didik kurang aktif dalam pemebelajaran dan rendahnya hasil belajar Fisika peserta didik, diperlukan model pembelajaran yang untuk meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dilakukan penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efektifitas model pembelajaran team quiz terhadap hasil berlajar siswa SMA Negeri 12 Kerinci. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian  Ekperimen dengan bentuk Pre-ekperimen, dengan rancangan penelitian One Group Pretest dan Posttest Design. Dari analisis data tes akhir, terlihat bahwa terdapat efektivitas model pembelajaran team quiz pada mata pelajaran fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 12 Kerinci pada konsep tekanan zat. Dapat di lihat dari uji t diperoleh  = 21,16 dan  = 0,71  sehingga  > . Hal ini berarti  ditolak dan  diterima. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa : “Terdapat efektivitas model pembelajaran team quiz pada mata pelajaran fisika Siswa kelas XI SMA Negeri 12 Kerinci pada konsep tekanan zat.”

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-15