EFEKTIFITAS EKSTRAK ETANOLIK CIPLUKAN (PHYSALIS ANGULATA) DALAM MENINGKATKAN APOPTOSIS SEL KANKER LIDAH

  • Rizqa Purwaningsih Program Studi S1 Kebidanan, Fakultas Kesehatan dan Farmasi, Universitas Adiwangsa Jambi, Jambi-Indonesia
Keywords: Efektifitas Ciplukan (Physalis angulata L.), anti kanker, kanker lidah

Abstract

Penyakit kanker termasuk dalam urutan kedua daftar kelompok penyakit penyebab kematian. Jumlah penderita kanker saat ini semakin meningkat, bahkan di Indonesia menempati urutan keenam sebagai penyebab kematian. Kanker lidah merupakan jenis kanker di dalam rongga mulut yang sering terjadi dan memiliki prevalensi yang tinggi.

Ciplukan (Physalis angulata L.) memiliki aktivitas sitotoksik pada sel kanker, yaitu mampu menghambat proliferasi sel kanker dan menginduksi cell cycle arrest. Penelitian ini bertujuan mengkaji potensi ekstrak etanolik ciplukan (EEC) sebagai antikanker lidah dan mengetahui pengaruh EEC dalam meningkatkan apoptosis sel kanker lidah yang diinjeksi DMBA. Pemanfaatan ceplukan sebagai tanaman obat antikanker sebagian besar masih diekstrak dari bagian-bagian tertentu yang tumbuh di alam secara liar atau yang telah dibudidayakan. Cara ini mempunyai banyak kelemahan, diantaranya sangat dipengaruhi oleh musim, tumbuhan menghasilkan senyawa kimia tertentu setelah mencapai umur tertentu. Oleh karena itu diperlukan budidaya alternatif untuk menghasilkan senyawa-senyawa metabolit sekunder dan dapat mengatasi keterbatasan tersebut.

Oleh karena itu, tujuan dari studi literatur ini untuk mengkaji dan mempelajari pemanfaatan serta khasiat tanaman ciplukan dari beberapa sumber yang telah dipercaya.

Published
2019-10-04