ANALISIS HUBUNGAN RIWAYAT GENETIK DAN OBESITAS DENGAN KEJADIAN KANKER PAYUDARA TAHUN 2018

  • V.A Irmayanti Harahap Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: Kanker payudara, riwayat genetik, obesitas

Abstract

Kanker payudara merupakan keganasan pada jaringan payudara yang dapat berasal dari epitel duktus maupun lobulusnya. Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker terbanyak di Indonesi. Penyebab spesifik kanker payudara masih belum diketahui, tetapi terdapat banyak faktor yang diperkirakan mempunyai pengaruh tehadap terjadinya kanker payudara diantaranya:factor reproduksi, pengunaan hormon, obesitas, konsumsi lemak, radiasi, riwayat keluarga dan factor genetik, factor mutasi.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan rancangan cross sectional untuk mengetahui hubungan riwayat genetik dan obesitas dengan kejadian kanker payudara di RSUD Raden Mattaher Jambi Tahun 2018. Pengumpulan data dari rekam medis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita yang rawat di RSUD Raden Mattaher Jambi sebanyak 240 orang dengan sampel 45 orang. Penelitian ini telah dilakukan pada tanggal 04 sampai 19 Juli 2018 yang bertempat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Tehnik pengambilan sampel dalam penetian ini adalah simple random sampling denganlembar checklist Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat dan bivariat dalam bentuk tabel dan frekuensi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil penelitian didapatkan gambaran riwayat genetik yaitu dari 45 orang terdapat 23(51,1%) orang, gambaran obesitas terdapat 25  (55,6%) orang dengan obesitas. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan gambaran kejadian kanker payudara yaitu dari 45 orang terdapat 24(53,3%) orang dengan kanker payudara dan 21(46,7%) tidak menderita kanker payudara. Didapatkan hubungan antara riwayat genetik dengan kejadian kanker payudara di RSUD Raden Mattaher Jambi Tahun 2018 dengan p value 0,000. Terdapat hubungan antara obesitas dengan kejadian kanker payudara di RSUD Raden Mattaher Jambi Tahun 2018 dengan p value 0,002.

Diharapkan petugas kesehatan dapat memberi masukan dan informasi kepada dalam merumuskan kebijakan program mencegah penyakit kanker payudara pada wanita RSUD Raden Mattaher Jambi

Published
2019-10-04