PERILAKU WUS MELAKUKAN IVA TEST DI PUSKESMAS PAYO SELINCAH KOTA JAMBI

  • Devi Arista Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Peran Petugas Kesehatan, Pemeriksaan IVA

Abstract

Kanker merupakan kondisi kelainan pada jaringan organ tubuh berupa tumbuhnya sel-sel abnormal secara cepat, dan akhirnya mengganggu kinerja sel-sel normal. Salah satu kanker ganas adalah kanker servik yang merupakan pertumbuhan sel-sel kanker dimulut rahim atau serviks. Kanker serviks cenderung terjadi pada usia 30-50 tahun. di Indonesia kaker serviks merupakan jenis kanker paling banyak menyerang wanita usia produktif. Salah satu cara untuk mendeteksi dini kanker serviks yaitu dengan melakukan pemeriksaan IVA. Di Provinsi Jambi jumlah pemeriksaan IVA positif sebanyak 100 orang (4.65%), Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kota Jambi tahun 2016 pemeriksaan IVA positif di Kota Jambi sebanyak 54 orang, dan usia yang paling tinggi tes IVA positif adalah pada usia 40-50 tahun dan terendah pada usia >50 tahun, di Puskesmas Putri Ayu penderita IVA positif sebanyak 7 orang.

Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan rancangan crossectional yang bertujuan diketahuinya Hubungan pengetahun, sikap ibu pus dan peran petugas kesehatan terhadap pemeriksaan IVA. Penelitian ini telah dilakukan pada tanggal  24 sampai 26 Juli 2018 di di Puskesmas Payo Selincah Kota Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh PUS di wilayah kerja Puskesmas Payo Silincah yang terhitung terakhir April 2018 sebanyak 2877 PUS. Sampel adalah sebagian dari populasi sebanyak  37 PUS. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara accidental Sampling. Analisa data dalam penelitian ini secara Univariat dan Bivariat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar tidak pernah melakukan pemeriksaan IVA sebanyak 28 responden (65.1%), pengetahuan rendah sebanyak 21 responden (58.1%)., sikap baik  sebanyak 23 responden (53.5%), serta peran petugas kesehatan kurang baik sebanyak 22 responden (51.2%). Hasil analisis diperoleh nilai P-value=0.006<0.05 artinya ada hubungan yang signifikan pengetahuan terhadap pemeriksaan IVA, P-value=0.024<0.05 ada hubungan yang signifikan sikap terhadap pemeriksaan IVA dan P-value=0.042<0.05 ada hubungan yang signifikan peran petugas kesehatan terhadap pemeriksaan IVA.     

Diharapkan kepada Puskesmas Payo Selincah agar dapat memberikan informasi kepada WUS untuk melakukan pemeeriksaan IVA sebagai deteksi dini kanker leher rahim melalui pendidikan kesehatan baik perorangan maupun kelompok.

Published
2019-10-04