Optimalisasi dan Fungsional Alat Perangkap Lalat Terhadap Pengendalian Vektor Lalat

  • Susy Ariyani
  • Krisdiyanta
  • Ahmad Dahlan

Abstract

 

Faktor ketersediaan makanan, kecepatan angin, bau, cahaya juga banyak mempengaruhi daya terbang lalat. Penyebaran penyakit yang luas dari berbagai jenis lalat ini dimungkinkan karena daya adaptasinya yang tinggi.

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui optimalisasi perangkap lalat dan Fungsional Alat perangkap lalat terhadap Pengendalian Lalat. 

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen  (quasy experiment). ini menggunakan rancangan post only with control group design, yaitu mengamati optimalisasi perangkap lalat dan Fungsional Alat perangkap lalat terhadap pengendalian lalat.

Hasil optimalisasi perangkap lalat dengan pengukuran antara frekuensi yang digunakan antara 60 kHz - 50 kHz  dengan p-value 0,0000 artinya ada perbedaan artinya ada perbedaan frekuensi lalat yang terperangkap dengan frekuensi tinggi dan frekuensi rendah.

Kesimpulan optimalisasi perangkap lalat dengan pengukuran antara frekuensi yang digunakan antara 60 kHz - 50 kHz  dengan p-value 0,0000 artinya ada perbedaan frekwensi dengan frekuensi rendah

Published
2021-12-29