ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MUTU LAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH H. ABDOEL MADJID BATOE BATANG HARI JAMBI TAHUN 2018

  • Rudi Asmajaya Program studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Prima Indonesia, Medan Sumatera Utara
  • Sri Lestari Ramadhani Nasution Program studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Prima Indonesia, Medan Sumatera Utara
  • Chrismis Novalinda Ginting Program studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Prima Indonesia, Medan Sumatera Utara
  • Ermi Girsang Program studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Prima Indonesia, Medan Sumatera Utara
Keywords: Kepuasan pasien, Karakteristik Responden, Mutu Pelayanan Rumah Sakit, Rawat Inap

Abstract

Keluhan masyarakat melalui media masa pada bulan September Tahun 2016 tentang keadaan sarana dan prasarana pelayanan termasuk gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Abdoel Madjid Batoe Kabupaten Batang Hari yang kurang baik serta belum tercapainya beberapa  indikator pelayanan yang telah ditetapkan berdasarkan target Nasional maupun target RSUD H Abdoel  Madjid Batoe Kabupaten Batang Hari antara lain BOR, TOI dan GDR  diduga terkait belum optimalnya mutu pelayanan yang diberikan pada pasien di ruang rawat inap sehingga adanya keluhan dari masyarakat berupa respon ketidak puasan pelayanan ini menggambarkan masih rendahnya mutu layanan yang ada di Rumah Sakit Umum Madjid Batoe Kabupaten Batang Hari.

          Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan mutu layanan terhadap tingkat kepuasan pasien diruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Haji Abdoel Madjid Batoe Kabupaten Batang Hari Tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap kelas III  Kebidanan, Zaal Bedah dan Penyakit Dalam, sampel sebanyak 90 responden, data dianalisis dengan menggunakan Chi-Squere dan Regresi Logistik.

          Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara tangible (bukti fisik p – value = 0,000), reability ( keandalan p – value = 0,000), responsiveness (daya tanggap nilai p – value = 0,001), assurance ( jaminan p – value = 0,012), emphaty (empati p – value = 0,000) terhadap kepuasan pasien diruang rawat inap RSUD H. Abdoel Madjid Batoe Kabupaten Batang Hari Tahun 2018. Dan setelah melakukan uji regresi logistik berganda dari 3 model didapatkan bahwa faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap mutu pelayanan rumah sakit adalah Assurance ( jaminan ) dengan nilai exponen B 70.915 dengan nilai p = 0,004.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-10