HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG HIV/AIDS DENGAN TINDAKAN PENCEGAHAN PADA REMAJA DI DESA JANDI KECAMATAN JUHAR KABUPATEN KARO TAHUN 2019

  • Ernawati Br Barus Akademi Keperawatan Arta Kabanjahe
Keywords: Pengetahuan, Sikap, HIV/AIDS, Tindakan Pencegahan, remaja

Abstract

Human Immunodeficiensy Virus (HIV) merupakan virus yang memyerang system kekebalan tubuh manusia, sedangkan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) merupakan sindrom kekebalan tubuh oleh infeksi HIV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap tentang HIV/AIDS dengan tindakan pencegahan pada remaja  di Desa Jandi Kecamatan Juhar Kab Karo Tahun 2019. Adapun yang menjadi variabel independen yaitu pengetahuan dan sikap remaja tentang HIV/AIDS dan variabel dependen adalah tindakan pencegahan pada remaja. Jenis penelitian ini menggunakan observasional analitik dengan metode pendekatan cross sectional. Dimana populasinya merupakan remaja sebanyak 30 orang dan sampelnya 30 orang. Data yang digunakan adalah data primer yang diambil langsung dari responden dengan menggunakan lembar checklist, dan data sekunder yang didapat dari Kepala Desa Rumah Berastagi. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi-Square α=0,05.

            Hasil analisa didapatkan bahwa dari 30 remaja mayoritas terdapat 12 orang (40%) berpengetahuan kurang dan minoritas berpengetahuan baik 7 orang (23%). Sikap remaja tentang HIV/AIDS bersikap positif sebanyak 20 orang (66%) dan 10 orang (34%) bersikap negatif. Tindakan pencegahan remaja terhadap HIV/AIDS mayoritas melakukan tindkaan sbenayak 20 orang (66%) dan 10 orang (34%) tidak melakukan tindakan pencegahan. Hasil uji Chi-Square diperoleh nilai ρ = 0,02, hal ini berarti nilai p lebih kecil dari α (0,05) yang berarti ada hubungan antara pengetahuan dan sikap tentang HIV/AIDS dengan tindakan pencegahan pada remaja Di Desa Jandi Kecamatan Juhar Kab Karo Tahun 2019.

            Diharapkan kepada remaja yang ada di Desa Rumah Berastagi Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo agar lebih meningkatkan pengetahuannya tentang infeksi menular seksual melalui berbagai media informasi khususnya dari tenaga kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-10