HUBUNGAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG PERAWATAN ALAT GENITALIA EKSTERNA DENGAN KEJADIAN KEPUTIHAN PADA REMAJA DI DESA RAYA KECAMATAN BERASTAGI KABUPATEN KARO TAHUN 2019

  • Hanry Anta Lesmana Akademi Kebidanan Arta Kabanjahe
Keywords: Pengetahuan, REMAJA PUTRI, Kejadian Keputihan

Abstract

Masa remaja adalah usia saat individu berinteraksi dengan masyarakat dewasa. Pada masa remaja terjadi proses pematangan organ reproduksi yang membutuhkan perhatian lebih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan remaja Putri Tentang Perawatan Alat Genitalia Eksterna Dengan Kejadian Keputihan Di Desa Raya Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo Tahun 2019.

            Metode penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan metode pendekatan cross sectional, populasi dalam penelitian ini sejumlah 30 orang. Besar sampel adalah 30 responden melalui purposive sampling. Jenis data primer dan sekunderyang. Uji statistik yang digunakan adalah uji statistik chi-square .

             Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang  mengalami keputihan  16 orang (53,3%) yang tidak  mengalami keputihan 14 orang (46,7%). Dari 6 remaja putri yang memiliki pengetahuan baik seluruhnya tidak mengalami keputihan (100%), dari 30 remaja putri mayoritas memiliki pengetahuan cukup tentang perawatan alat genitalia eksterna dengan kejadian keputihan (50%), berpengetahuan kurang (30%), dan berpengetahuan baik (20%). Hasil analisis didapatkan bahwa Pengetahuan remaja putri tentang perawatan alat genitalia eksterna mempengaruhi kejadian keputihan, dimana remaja putri yang memiliki pengetahuan kurang tentang perawatan alat genitalia eksternacenderung mengalami kejadian keputihan. Hasil uji Chi-Square diperoleh nilai = 0,03 lebih kecil dari  dan dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.

            Diharapkan kepada petugas kesehatan yang berada di Desa Raya Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo untuk lebih banyak memberikan penyuluhan tentang perawatan alat genitalia eksterna.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-10