ANALISIS HUBUNGAN VENTILASI DENGAN KEJADIAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT DI DESA KASANG PUDAK WILAYAH KERJA PUSKESMAS KASANG PUDAK KABUPATEN MUARO JAMBI TAHUN 2018

  • Erris Erris Poltekkes Kemenkes Jambi
Keywords: Ventilasi Rumah dengan ISPA

Abstract

Infeksi saluran pernapasan atas adalah infeksi yang terutama mengenai struktur saluran pernapasan di atas laring, tetapi kebanyakan, penyakit ini mengenai bagian saluran atas dan bawah secara simultan atau berurutan. Proses sebab akibat terjadinya ISPA dari multi faktor yakni bisa dari  Asap rokok dan asap hasil pembakaran bahan bakar untuk memasak dengan konsentrasi tinggi dapat merusak mekanisme pertahan paru sehingga akan memudahkan timbulnya ISPA. Penelitian ini Mengetahui hubungan ventilasi dann kejadian ISPA di Desa Kasang Pudak wilayah kerja puskesmas Kasang Pudak Kabupaten Muaro Jambi.

Jenis penelitian ini adalah dekriptif analitik dengan desain  cross sectional. yaitu rancangan studi epidemiologi yang mempelajari hubungan antara efek (penyakit atau kondisi kesehatan) tertentu dengan faktor risiko tertentu. Populasi penelitian berjumlah 4.000 KK. Dengan jumlah sampel 94 KK. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2019. Analisis data secara univariat dan bivariat.

Hasil penelitian menunjukkan Ada hubungan bermakna antara ventilasi dengan kejadian ISPA Desa Kasang Pudak Wilayah Kerja Puskesmas Kasang Pudak Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2018,  dengan nilai p-value = 0,003 (p-value < 0,05).

Diharapkan bahan masukan dalam menentukan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi program Pencegahan Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut, Sebagai informasi mengenai jumlah penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut di wilayah Kerja Puskesmas Kasang Pudak, diharapkan dapat menjadi sumber bacaan di perpustakaan, dan sebagai acuan atau pembanding bagi peneliti yang akan datang mengenai Infeksi saluran Pernapasan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-10