STUDI FISIK RUMAH SEHAT DI DESA PEMATANG PAUH KECAMATAN TUNGKAL ULU KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

  • V.A Irmayanti Harahap STIKes Merangin
Keywords: Syarat Fisik Rumah Sehat

Abstract

Rumah adalah tempat hunian atau berlindung dari keadaan alam sekitarnya, serta merupakan tempat untuk beristirahat setelah melakukan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. masih banyak rumah yang belum memenuhi syarat ventilasinya yakni kadang kala adapun ventilasi namun tidak digunkan semestinya dikarenakan dari pekerjaan masyarakatnya yakni pagi hari belum lagi terbit matahari sudah bersiap untuk berangkat ketempat kerjaan yakni keladang sehingga jendela sudah dilengapi dengan ventilasi tidak dibuka sehingga sinar matahari tidak masuk kedalam rumah.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan bulan Agustus tahun 2019. Jumlah populasi 1.704 rumah di di Desa Pematang Pauh Kecamatan Tungkal Ulu Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Pengambilan sampel dengan menggunakan acak random sampling, sehingga jumlah sampel sebanyak 94 rumah responden. Data penelitian diperoleh dari Observasi . Alat yang digunakan dalam penelitian adalah lux meter, rolmeter dan Cheklist.

Hasil penelitian menunjukkan gambaran pencahayaan rumah dominan tidak memenuhi syarat sebanyak 72 (76,6%), ventilasi rumah dominan tidak memenuhi syarat sebanyak 69 (73,4%), kepadatan hunian rumah dominan padat sebanyak 57 (60,6%), pencemaran udara rumah dominan tidak memenuhi syarat sebanyak 59 (62,8%) rumah di desa Pematang Pauh Kecamatan Tungkal Ulu Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Simpulan penelitian adalah sebagai bahan masukan mengenai pentingnya persyaratan fisik rumah seperti manfaat ventilasi dan pencahayaan dan Informasi yang diperoleh dapat menjadi masukan dan menambah wawasan serta agar dapat meningkatkan syarat fisik rumah seperti tidak merokok di dalam rumah, jika membangun rumah selalu memperhatikan pentilasi dan pencahayaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-10