PERUBAHAN LINGKUNGAN SEKITAR RUMAH PENDERITA MALARIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JUJUN KABUPATEN KERINCI TAHUN 2018

  • Ramli Tarigan Poltekkes Kemenkes Jambi
Keywords: Perubahan Lingkungan Rumah, Penderita malaria

Abstract

Malaria merupakan penyakit endemis dan sampai sekarang masih menjadi masalah kesehatan bagi masyarakat Wilayah Kerja Puskesmas Jujun. Penyakit malaria disebabkan oleh parasit  Plasmodium yang ditularkan oleh nyamuk Anopheles sp. Peningkatan kejadian malaria disebabkan adanya kontak manusia dengan nyamuk malaria dan didukung oleh kondisi lingkungan yang kurang baik. Terdapat tiga faktor yang berperan dalam penyebaran malaria, yaitu parasit, inang, dan lingkungan, di Kabupaten Kerinci tingkat kejadian malaria cukup tinggi, pada bulan Januari sampai dengan Juni 2018 jumlah malaria mencapai 24 kasus.

Jenis penelitian ini adalah observasional  bertujuan untuk mengetahui gambaran lingkungan rumah penderita malaria dan perlindungan anggota keluarga dengan Kejadian malaria di wilayah kerja Puskesmas Jujun Tahun 2018. Jumlah sampel penelitian sebanyak 24 penderita malaria. Faktor-faktor yang diteliti adalah perubahan lingkungan rumah dengan tempat perindukan sebanyak 17 macam perindukan dan perlindungan anggota keluarga pada penderita malaria di Wilayah Kerja Puskesmas Jujun Kabupaten Kerinci.

Hasil penelitian menunjukkan Masih banyak ditemukan tempat perindukan nyamuk di lingkungan rumah penderita malaria yaitu pada kain yang bergantungan di rumah yakni 18 (12,6%) penderita, kemudian Keberadaan kandang ternak di sekitar rumah sebanyak 17 (11,8%) penderita. Kemudian 24 responden penderita malaria sebagian besar 14 (58,3%) orang tidak memakai perlindungan perorangan, sedangkan yang memakai pakaian tertutup sebanyak 3 (12,5%) orang.

Usaha pencegahan yaitu jangan menggantungkan pakaian di dalam rumah, pembersihan semak di sekitar rumah, dan menjauhkan kandang hewan dengan rumah. Pihak terkait hendaknya melakukan penyuluhan tentang kebersihan lingkungan, dan tata cara penanggulangan malaria.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-10