HUBUNGAN KETERLAMBATAN DOKTER TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT RADEN MATTAHER JAMBI TAHUN 2019

  • Hafiz Muchti Kurniawan Fakultas Kesehatan dan Farmasi, Universitas Adiwangsa Jambi, Jambi, Indonesia
Keywords: Keterlambatan dokter, kualitas pelayanan rumah Sakit, Kepuasan Pasien

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan pelayanan profesional dari pelayanan kesehatan yang tersedia selama 24 jam secara berkelanjutan selama perawatan pasien. Kualitas pelayanan adalah kesesuaian pelayanan dengan kepuasan pasien. Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit sangat dipengaruhi oleh kualitas fisik, jenis tenaga yang tersedia, obat dan alat kesehatan serta proses pemberian pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterlambatan dokter dengan kualitas pelayanan pada rawat jalan di Rumah Sakit Raden Mataher Tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Cross Sectional. Penelitian ini dilakukan di RSUD Raden Mattaher Jambi pada tanggal 22-28 Agustus 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan yang berkunjung ke RSUD Raden mataher pada bulan Januari – Juni 2019 yaitu sebanyak 24.075. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 43 responden, sebanyak 28 responden (65,1%) mengatakan dokter tidak terlambat. Ada hubungan antara keterlambatan dokter (p=0,001) dengan kualitas pelayanan pada rawat jalan di Rumah Sakit Raden Mataher Tahun 2019 karena p value 0,441 > 0,05 Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan informasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang memuaskan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-10