Hubungan Paritas, Malpraktek dan Ketuban Pecah Dini Dengan Kejadian Partus Lama di RSU H. Abdul Manap Kota Jambi Tahun 2018

  • dewi riastawaty Fakultas Kesehatan dan Farmasi
Keywords: Paritas, Malpraktek, Ketuban Pecah Dini, Partus Lama

Abstract

Hubungan paritas, malpresentasi, dan ketuban pecah dini dengan kejadian partus lama di RSU H. Abdul Manap

Kota Jambi Tahun 2018

 

 

Dewi Riastawaty

Program Studi S1 Kebidanan, Fakultas Kesehatan dan Farmasi

*Korespondensi penulis : riastawatydewi@gmail.com

 

ABSTRAK

Menurut laporan World Health Organization (WHO) tahun 2014 Angka Kematian Ibu (AKI) di dunia yaitu 289.000 jiwa. Komplikasi obstetri sangat berpengaruh terhadap AKI diantaranya partus lama. Partus lama rata-rata di dunia menyebabkan kematian ibu sebesar 8% dan di Indonesia sebesar 9%. Kematian maternal banyak terjadi pada saat persalinan, salah satu penyebabnya adalah kala II lama (37%) dan kematian perinatal sendiri salah satu penyebabnya adalah asfiksia pada bayi (28%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan paritas, malpresentasi, dan ketuban pecah dini dengan kejadian partus lama di RSU H. Abdul Manap Kota Jambi Tahun 2018.

Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan case control Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin dengan partus lama pada tahun 2017 sebanyak 32 orang dan kelompok kontrol adalah seluruh ibu bersalin normal tahun 2017 sebanyak 707 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil 1:1 yakni pada kelompok kasus sebanyak 32 orang dengan teknik total sampling, sedangkan pada kelompok kontrol sebanyak 32 orang dengan teknik purposive sampling. Penelitian inidilakukan di RSU H. Abdul Manap KotaJambi yang dilakukan pada bulan Juni 2018. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan uji statistik chi square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara paritas dengan kejadian partus lama dengan nilai P value = 0,022 dan OR = 3,857.Tidak ada hubungan yang bermakna antara malpresentasi dengan kejadian partus lama dengan nilai P value = 0,164 dan OR = 2,600. Ada hubungan yang bermakna antara ketuban pecah dini dengan kejadian partus lama dengan nilai P value = 0,031 dan OR = 3,000.

Diharapkan hasil penelitian ini dapatmemberikan informasi dan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada tenaga medis dan ibu bersalin yang meliputi keadaan ibu dan menganjurkan mengkonsumsi nutrisi yang baik, dan menjaga stamina ibu menghadapi persalinan serta perlu dilakukan motivasi ibu untuk mencegah terjadinya partus lama.

 

Kata Kunci : Paritas, Malpresentasi, Ketuban Pecah Dini, Partus Lama

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-26