HUBUNGAN PENGETAHUAN, MOTIVASI DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERILAKU MEROKOK SISWA LAKI - LAKI SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI TAHUN 2018

  • Parman Parman STIKES Harapan Ibu, Jambi
  • Eti Kurniawati STIKES Harapan Ibu, Jambi
  • Novi Berliana STIKES Harapan Ibu, Jambi
  • Rohis Afwan STIKES Harapan Ibu, Jambi
Keywords: Pengetahuan, Motivasi, Dukungan Keluarga Dan Perilaku Merokok

Abstract

Latar Belakang : Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang lazim dilakukan dalam kehidupan sehari  hari, sehingga dimanapun tempat selalu ditemukan orang merokok baik laki-laki, perempuan, anak kecil, anak muda, orang tua, status kaya atau  miskin tanpa terkecuali. Berdasarkan data yang diperoleh dari sekolah menengah atas negeri 2 Kota Jambi tahun 2018 diketahui bahwa jumlah laki-laki sebanyak 584 orang.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan, motivasi dan dukungan keluarga terhadap perilaku merokok siswa laki–laki SMA Negeri 2 Kota Jambi tahun 2018.

Lokasi : Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Jumlah Sampel sebanyak 83 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan Proporsional Random Sampling.Uji statistik yang dilakukan adalah uji chi-square.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan responden yang merokok sebanyak 55 responden (66,3%) dan yang tidak merokok sebanyak 28 responden (33,7%), dengan pengetahuan rendah sebanyak 58 responden (69,9%), motivasi rendah sebanyak 50 responden (60,2%), dan dukungan keluarga kurang baik sebanyak 60 responden (72,3). Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan pengetahuan dengan nilai p-Value = 0,002, motivasi dengan nilai nilai p-Value = 0,011 dan dukungan keluarga dengan nilai p-Value = 0,000 terhadap perilaku merokok siswa laki–laki SMA Negeri 2 Kota Jambi tahun 2018.

Kesimpulan : Agar dapat mengevaluasi dalam pelaksanaan penyuluhan dengan berbagai sosialisasi  terhadap siswa mengenai bahaya merokok dan manfaat hidup sehat tanpa merokok dengan membuat kebijakan dan melibatkan pihak Puskesmas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-10