HUBUNGAN USIA DAN PARITAS DENGAN KEJADIAN HIPEREMESIS GRAVIDARUM DI RSUD H. ABDUL MANAP JAMBI TAHUN 2019

  • Hardiana Hardiana Stikes Keluarga Bunda Jambi
Keywords: Usia, Paritas, Hiperemesis Gravidarum.

Abstract

Salah satu penyebab Ibu hamil trimester 1 sering mengalami  mual dan muntah yang berlebihan. Sebagian ibu hamil tidak dapat mengatasi mual muntah, sampai terjadi hiperemesis gravidarum yang berkelanjutan, mengganggu kehidupan sehari-hari , sehingga menimbulkan gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit.

Berdasarkan data dari RSUD H. Abdul Manap Jambi pada tahun 2016 jumlah data penderita Hiperemesis Gravidarum sebanyak 68 kasus, pada tahun 2017 jumlah data penderita 60 kasus dan pada tahun 2018 jumlah data penderita Hiperemesis Gtavidarum 74  kasus di RSUD H. Abdul Manap Jambi.

Tujuan daripenelitian untuk mengetahui Hubungan Usia dan Paritas Dengan Kejadian Hiperemesis Gravidarum di RSUD H. Abdul Manap Jambi Tahun 2018.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian case control dengan jumlah sampel kelompok kasus 148 responden yang terdiri dari 74 kasus dan control 74  kasus . Teknik pengambilan sampel diambil dengan teknik random sampling untuk kasus dan simple random sampling untuk control. Analisis data menggunakan chi –square untuk mengetahui hubungan usia dan paritas dengan kejadiam Hiperemesis Gravidarum.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapat ibu yang mengalami Usia dengan Kejadian Hiperemesis Gravidarum hasil analisis diperoleh p-value =0,011 dan OR=2,524 hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara Usia terhadap kejadian  Hiperemesis Gravidarum, dan Paritas terhadap kejadian Hiperemesis Gravidarum hasil analisa data diperoleh p-value= 0,023 dan OR = 0,422 kesimpulan penelitian ini adalah terdapat Hubungan Usia Dan Paritas Dengan Kejadian Hiperemesis Gravidarum.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-10