HUBUNGAN UMUR DAN PARITAS DENGAN KEJADIAN PLASENTA PREVIA PADA IBU BERSALIN DI RSUD H. ABDUL MANAP KOTA JAMBI TAHUN 2019

  • Sirly Patriani
Keywords: Umur, Paritas, Plasenta Previa

Abstract

Menurut World Health Organization (WHO) tahun 2007 sebanyak 99 % kematian ibu akibat persalinan atau kelahiran terjadi di Negara-Negara berkembang. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan umur dan paritas dengan kejadian plasenta previa pada ibu bersalin di Rumah Sakit Umum Daerah H Abdul Manap Kota Jambi Tahun 2019.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik dengan pendekatan Case Control. Populasi dalam penelitian ini adalah 971 orang, jumlah sampel sebanyak 21 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan april 2019.

Hasil penelitian didapatkan kejadian plasenta previa sebanyak 7 (33,3%) orang, umur ibu beresiko sebanyak 10 (47,6%) orang dan paritas ibu yang beresiko tinggi sebanyak 7 (33,3 %) orang. Dari hasil penelitian uji statistic didapatkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara umur dengan kejadian plasenta previa yaitu p value <α (0,045 < 0,05) dan dari hasil penelitian uji statistic didapatkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara paritas dengan kejadian plasenta previa yaitu p value < α (0,033< 0,05).

Dari hasil penelitian ini diharapkan agar petugas kesehatan lebih meningkatkan pelayanan kesehatan serta penyuluhan kesehatan ibu pada waktu hamil terutama pada ibu dengan kasus plasenta previa sehingga ibu bisa mengetahui dan mencegah terjadinya resiko pada ibu hamil maupun ibu bersalin.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-10