Efektifitas Terapi Akupresur Terhadap Upaya Berhenti Merokok di Desa Sungai Terap

  • Nia Nurzia universitas adiwangsa jambi
Keywords: Efektifitas, Akupresur, Terapi, Merokok

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang : Merokok merupakan masalah kesehatan yang masih belum dapat terselaikan. Menurut Word Health Organization (WHO), Indonesia merupakan Negara ketiga dengan jumlah perokok terbesar di dunia setelah Cina dan India. Rokok bersifat candu, sehingga bila telah kecanduan sangat sulit untuk dihentikan. Metode non farmakoterapi dapat dijadikan sebagai metode untuk berhenti merokok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi akupresur terhadap upaya berhenti merokok.

Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif quasi experimental dengan Pretest-Postest Control Group Designs. Sampel penelitian ini sebanyak 30 orang perokok aktif terbagi yang menjadi 15 orang kelompok intervensi yang diberikan perlakuan terapi akupresur dan 15 orang kelompok kontrol tanpa perlakuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.

Hasil : Hasil uji statistic didapat nilai p = 0,000 (< 0,05), terdapat perbedaan selisih jumlah batang rokok yang dikonsumsi sebelum dan setelah diberikan intervensi terapi akupresur dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang bermakna antara pengaruh pemberian terapi akupresur terhadap upaya berhenti merokok antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi.

Simpulan : Penelitian ini menunjukkan ada pengaruh terapi akupresur terhadap upaya berhenti merokok sehingga dapat disimpulkan terapi akupresur efektif dalam upaya berhenti merokok pada perokok aktif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-07