ANALISIS HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT INAP BPJS DI RS ROYAL PRIMA KOTA JAMBI TAHUN 2018

  • Indra Gunawan Pascasarjana Universitas Prima Indonesia
  • Ermi Girsang Pascasarjana Universitas Prima Indonesia
  • Sri Lestari Ramadhani Nasution Pascasarjana Universitas Prima Indonesia
  • Crismis Novalinda Ginting Pascasarjana Universitas Prima Indonesia
Keywords: Mutu Pelayanan Kesehatan, Kunjungan Ulang, BPJS Rawat Inap

Abstract

Latar Belakang : Rumah Sakit sebagai penyedia layanan kesehatan harus memiliki daya saing yang tinggi untuk lebih produktif, inovatif, dan memperkuat kemandirian dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Salah satu indikator mutu pelayanan kesehatan yaitu kunjungan ulang. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data analisis hubungan antara dimensi mutu pelayanan kesehatan, meliputi: Tangiable, Reliability, Responsiveness, Assurance,dan Empathy dengan minat kunjungan ulang.

Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian survey analitik dengan instrument penelitian menggunakan kuesioner pada pasien BPJS rawat inap di Rumah Sakit Royal Prima Kota Jambi. Jumlah sampel yang dilibatkan dalam penelitian tersebut adalah 100 pasien. Uji statistik dengan menggunakan uji Chi-square.

Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara mutu pelayanan kesehatan ,meliputi : Tangiable (p-value = 0,005), Reliability (p-value = 0,001), Responsiveness (p-value = 0,001), Assurance (p-value = 0,019) dan Empathy (p-value = 0,001) dengan kunjungan ulang ke Rumah Sakit.

Kesimpulan : Semua variabel mutu pelayanan kesehatan (Tangiable, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy) memiliki hubungan dengan kunjungan ulang pasien ke Rumah Sakit. Saran dalam penelitian ini adalah meninjau kembali hal-hal yang masih kurang terutama aspek tangiable dengan  melakukan perbaikan penambahan peralatan-peralatan terbaru  serta memelihara fasilitas fisik rumah sakit yang berkaitan dengan kamar kecil/toilet sehingga pasien dapat menggunakan  fasilitas ini dengan nyaman.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-23