ANALISIS PERILAKU PENCEGAHAN FILARIASIS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MEKAR JAYA KABUPATEN MUARO JAMBI TAHUN 2017

  • Sondang Selviana Silitonga Universitas Adiwangsa Jambi

Abstract

Filariasis atau penyakit kaki gajah adalah penyakit yang disebabkan infeksi cacing filaria melalui gigitan nyamuk, 1,3 miliar penduduk dunia berisiko tertular filariasis. Hampir seluruh wilayah Indonesia adalah endemis filariasis. Data Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi diketahui dari 18 Puskesmas yang ada, kasus kronis filariasis terbesar ada di Puskesmas Mekar Jaya, dengan jumlah 42 kasus (MF Rate = 0,11%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, peran tokoh masyarakat dan peran petugas kesehatan dengan perilaku dalam pencegahan penyakit filariasis di wilayah kerja Puskesmas Mekar Jaya Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2017.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang berada di wilayah kerja Puskesmas Mekar Jaya dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang yang diambil secara proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara menggunakan kuesioner dan observasi.

 Hasil penelitian didapatkan sebagian (54,2%) responden di wilayah kerja Puskesmas Mekar Jaya berperilaku kurang baik dalam pencegahan filariasis, sebagian (59,4%) responden di wilayah kerja Puskesmas Mekar Jayapengetahuannya tentang pencegahan filariasis masih rendah, sebagian (57,3%) responden menyatakan bahwa di wilayah kerja Puskesmas Mekar Jaya tokoh masyarakatnya tidak aktif dalam pencegahan filariasis dan sebagian (56,3%) responden menyatakan bahwa di wilayah kerja Puskesmas Mekar Jaya petugas kesehatannya tidak aktif dalam pencegahan filariasisAdapun simpulan penelitian adalah terrdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan (p= 0,006) (p < 0,05), peran tokoh masyarakat p = 0,005 (p < 0,05), peran petugas kesehatan p = 0,003 (p < 0,05) dengan perilaku dalam pencegahan filariasis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-23