Analisis Faktor-faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Poliklinik Spesialis RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal tahun 2018

  • Zaimah Zaimah Sekolah Pasca Sarjana Universitas Prima Indonesia
Keywords: Karakteristik Responden, Kualitas Pelayanan Rumah Sakit, tangible (bukti fisik), reability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance ( jaminan), emphaty (empati).

Abstract

Berdasarkan data menunjukkan bahwa jumlah pasien rawat jalan yang berobat di poliklinik Spesialis RSUD KH Daud Arif dari Januari – Juni 2018 mengalami penurunan dari setiap bulannya, namun di bulan Maret 2018 ada peningkatan. Survey awal yang telah dilakukan peneliti mengenai kepuasan Pasien tentang kualitas pelayanan kesehatan di Poliklinik Spesialis RSUD KH Daud Arif terhadap 10 pasien yang berkunjung ke Poliklinik Spesialis RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal, didapat bahwa 6 pasien mengatakan bahwa kurang puas dengan pelayanan yang didapatkan dan 4 pasien mengatakan sudah cukup puas dengan pelayanan yang didapat.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Faktor-faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Poliklinik Spesialis  RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian pasien yang berobat ke RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal sebanyak 99 responden. Data dianalisis dengan menggunakan Chi-Squere dan Regresi Logistik.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan tangible ( bukti fisik, reability ( keandalan), responsiveness ( daya tanggap), assurance ( jaminan), emphaty (empati)   terhadap kualitas  layanan di Poliklinik Spesialis RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal Tahun Tahun 2018 dengan nilai p – value = 0,000. Dan setelah melakukan uji logistik berganda dari 3 model didapatkan bahwa faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kualitas  pelayanan rumah sakit adalah Tangible ( bukti fisik ) dengan nilai exponen B 420.578 dengan nilai p = 0,000.

Dalam hal optimalisasi pelayanan kesehatan, yang juga didukung dengan avaibility mendukung alat-alat dan infrastruktur. Misalnya dibagian pendaftaran dapat dilakukan dengan menambahkan pendaftaran line, operator dan penambahan jumlah bangku diruang tinggu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-23