HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU NIFAS DENGAN PERILAKU KONSUMSI KAPSUL VITAMIN A PADA MASA NIFAS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PALMERAH II KOTA JAMBI TAHUN 2018

  • Eprina Intami
Keywords: Pengetahuan, Kapsul Vitamin A

Abstract

Di Seluruh provinsi di Indonesia  cakupan pemberian vitamin A masih sangat rendah yaitu kurang dari 70 %, bahkan di 19 Provinsi cakupannya kurang dari 50 %. Kekurangan vitamin A pada ibu nifas dapat menyebabkan anemia sertamenurunkan kelangsungan hidup ibu hingga dua tahun melahirkan (Keller, 2004). Banyak faktor yang bisa menyebabkan ibu nifas rutin mengkonsumsi vitamin A seperti pendidikan kesehatan seperti konseling yang dilakukan bidan secara berkala berupa kepada ibu nifas mampu menyadarkan mereka tentang pentingnya mengkonsumsi vitamin A. s

Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional, dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu nifas dengan perilaku konsumsi kapsul vitamin A pada masa nifas di Puskesmas Palmerah II Kota Jambi tahun 2018. Penelitian dilakukan di Puskesmas Palmerah II Kota Jambi dan telah dilaksanakan pada bulan Juli tahun 2018. Populasi dalam penelitian sebanyak 334 ibu nifas dan jumlah sampel sebanyak 33 ibu nifas. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling, dimana penelitian dilakukan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan signifikan antara pengetahuan ibu nifas dengan perilaku konsumsi kapsul vitamin A pada masa nifas di Puskesmas Palmerah II Kota Jambi dengan nilai p value 0,016.

Diharapkan pihak puskesmas memberikan informasi dan penyuluhan tentang perilaku konsumsi kapsul vitamin A pada masa nifas sehingga ibu timbul kesadaran bahwa perilaku konsumsi kapsul vitamin A pada masa nifas itu sangat penting diberikan pada masa nifas.   

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-23