Analisis Pencapaian Target Iva Test Terhadap Deteksi Dini Kanker Serviks Di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi Tahun 2018

  • Riana Elizabeth Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Ali Napiah Nasution Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Crismis Novalinda Ginting Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Ermi Girsang Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Prima Indonesia, Medan
Keywords: Analisis, Deteksi Dini Kanker Servik, Kanker Serviks, Metode IVA

Abstract

Di seluruh dunia diperkirakan setiap dua menit seorang wanita meninggal karena kanker servik dan sekitar 520.000 wanita di diagnosis kanker serviks setiap tahun. Di Indonesia kanker serviks sendiri merupakan ancaman bagi wanita karena ditemukan setiap hari 40 wanita dinyatakan kanker serviks atau 12,6 per 100.000, 20 diantaranya meninggal dunia atau 7 per 100.000. Metode skrining dapat menurunkan kejadian kanker serviks.Cakupan pemeriksaan IVA dan SADANIS di Indonesia dari tahun 2008-2016 adalah 4,34%.Kabupaten Tebo tahun 2016 telah melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dan payudara  sebanyak 1.146 (2,5%)  wanita, dengan hasil IVA positif sebanyak 67 orang (5,85%).

Penelitian ini bertujuan untuk menilai faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya angka pencapaian cakupan IVA di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi Tahun 2018. Jenis penelitian adalah cross-sectional. Sampel penelitian adalah bidan dan petugas kesehatan yang berhubungan dengan program deteksi dini kanker serviks dengan metode IVA di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi tahun 2018. Data dianalisis dengan melakukan uni analisis Chi-square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggaran berpengaruh signifikan dengan pencapaian target IVA test terhadap deteksi dini kanker serviks di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi tahun 2018. Disarankan kepada Instansi terkait untuk melakukan telaah kembali upaya pencegahan deteksi dini kanker serviks dalam hal penganggaran dana untuk pelatihan, sosialisasi, perencanaanserta pengawasan dan evaluasi secara berkala guna mengoptimalkan pelaksanaan program deteksi dini kanker serviks.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-23