Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kinerja Bidan di Ruang Kebidanan RSUD Raden Mattaher Jambi Tahun 2018

  • Amelia Noviana Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Sri Wahyuni Nst Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Crismis Novalinda Ginting Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Ermi Girsang Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Prima Indonesia, Medan
Keywords: Produktivitas Kerja, Motivasi, Kedisiplinan, Tingkat Penghasilan dan Kondisi Lingkungan Kerja

Abstract

Menusia sukses adalah manusia yang mampu mengatur, mengendalikan diri yang mneyangkut pemgaturan cara hidup dan mengatur cara kerja. Matra erat hubungannya antara manusia sukses dengan pribadi disiplin, eratnya hubungan disiplin dengan produktivitas maka disiplin mempunyai peran sentral dalam membentuk pola kerja dan etos kerja produktif. Kinerja yang baik dapat dipengaruhi oleh kecakapan dan motivasi. Kecakapan tanpa motivasi atau motivasi tanpa kecakapan, keduanya tidak dapat menghasilkan keluaran yang tinggi. Untuk melihat efektivitas kinerja.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas kinerja Bidan di Ruang Kebidanan RSUD Raden Mattaher Jambi Tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh bidan ruang kebidanan RSUD Raden Mattaher Jambi sebanyak 37 responden. Data dianalisis dengan menggunakan Chi-Squere dan Regresi Logistik.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara motivasi (p – value = 0,023), kedisipilinan (p – value = 0,008), kondisi lingkungan (nilai   p – value = 0,020 ), dan tingkat penghasilan (p – value = 0,015)terhadap produktivitas kinerja Bidan di Ruang Kebidanan RSUD Raden Mattaher Jambi Tahun 2018. Dan setelah melakukan uji logistic berganda dari 3 model didapatkan bahwa faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap produktivitas kerja adalah tingkat penghasilan dengan nilai exponen B 4.548 dengan nilai p = 0,043.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-23