HUBUNGAN UMUR PENGETAHUAN DAN PEKERJAAN IBU DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS KENALI BESAR KOTA JAMBI TAHUN 2018

  • Rica Triseptinora
Keywords: Umur, Pengetahuan, pekerjaan, pemberian ASI

Abstract

Pemberian ASI eksklusif merupakan salah satu upaya untuk memperoleh tumbuh kembang bayi yang baik. Karena ASI mengandung semua nutrisi penting yang diperlukan bayi untuk tumbuh kembangnya dan mengandung zat antibodi untuk kekebalan tubuh bayi. Seringkali ibu tidak dapat memberikan ASI kepada anaknya dengan baik disebabkan oleh banyak faktor. Kemudian capaian ASI eksklusif adalah 2 dari 5 bayi berusia dibawah 6 bulan mendapat ASI eksklusif dengan demikian masih jauh dan masih banyak bayi yang belum mendaptkan ASI ekslusif. Tujuan penelitian hubungan umur pengetahuan dan pekerjaan ibu dengan pemberian ASI Eksklusif di Puskesmas Kenali Besar Kota Jambi Tahun 2018.

 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantatif dengan rancangan Cross Sectional yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan tujuan melihat hubungan efek atau deskripsi tentang suatu keadaan secara objektif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki bayi umur lebih dari 6 bulan di Puskesmas Kenali Besar Kota Jambi Tahun 2018, dengan jumlah sampel 66 ibu yang memiliki bayi.

    Simpulan penelitian adalah ada Ada hubungan umur dengan nilai p-value = 0,011 (p-value < 0,05), pengetahuan dengan nilai p-value = 0,039 (p-value < 0,05) dan  pekerjaan ibu dengan nilai p-value = 0,002 (p-value < 0,05) terhadap pemberian ASI Eksklusif di Puskesmas Kenali Besar Kota Jambi Tahun 2018.

     Saran penelitian adalah menjadi  acuan  bagi  petugas  kesehatan yang berkompeten di Puskesmas Kenali Besar untuk lebih meningkatkan pengetahuan ibu tentang meningkatkan perilaku ibu bekerja dalam pemberian ASI eksklusif antara  lain  tentang  cara  menyusui, memerah ASI, dan menyimpan ASI, sehingga dengan pengetahuan yang mereka  miliki  mereka  mampu  pemberian  ASI  eksklusif  yang  baik  dan benar pada bayinya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-23