ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PASIEN PENGGUNA BPJS RAWATJALAN TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN DI PUSKESMAS LAMBUR LUAR KAB TANJUNG JABUNG TIMUR PROVINSI JAMBI TAHUN 2018

  • Takdir Yulis Riangga Pratama
Keywords: Mutu pelayanan, Kepuasan Pasien, Pelayanan Rawat Jalan

Abstract

 

Jumlah kunjungan pasien rawat jalan di Puskesmas Lambur Luar Kab. Tanjung Jabung Timur Prov. Jambi tahun  semakin  meningkat  sejak  tahun  20016  namun  pada  kelompok  pasien  umum  di  poliklinik  rawat  jalan  (yang  membayar   sendiri),   jumlah kunjungan pasien baru lebih banyak dibandingkan  dengan pasien lama   dan jumlah pasien lama selama 3 tahun berturut – turut mengalami penurunan, hal ini   menunjukkan   bahwa banyak masyarakat yang merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak puskesmas sehingga banyak masyarakat yang tidak berminat   untuk   memanfaatkan   ulang  poliklinik rawat jalan di Puskesmas Lambur Luar . Untuk itu perlu dianalisis tentang mutu pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Rawat Jalan Puskesmas Lambur Luar Kab. Tanjung Jabung Timur Prov. Jambi tahun 2018.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50 % responden mempersepsikan kehandalan tidak puas, 57 % mempersepsikan daya tanggap tidak puas,  55  %  mempersepsikan   jaminan  tidak  baik,  58  %  mempersepsikan empati  tidak  baik,  53  %  mempersepsikan  bukti  langsung  pelayanan  rawat jalan  tidak  baik  dan  52  %  tidak  merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.  Variabel yang berhubungan  dengan minat pemanfaatan  ulang pelayanan  rawat jalan Puskesmas Lambur Luar Kab. Tanjung Jabung Timur adalah persepsi tentang kehandalan (p – value : 0,001), daya tanggap  (p – value : 0,003), jaminan  (p – value : 0,002), empati (p – value : 0,000) dan bukti langsung pelayanan (p – value : 0,003).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-23