HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI IBU TERHADAP PENCEGAHAN ISPA PADA BALITA DI PUSKESMAS KEBUN HANDIL KOTA JAMBI TAHUN 2018

  • LISTAUTIN LISTAUTIN universitas adiwangsa jambi
Keywords: Pengetahuan, Motivasi, ISPA Pada Balita

Abstract

Penyakit ISPA menjadi permasalahan kesehatan dengan efek negatif yang cukup luas dan beragam. karena itu harus mendapatkan perhatian seksama, terlebih penyakit ini masih menjadi penyebab kematian bayi dan balita dengan perbandingan yang cukup tinggi yaitu kira-kira 1 dari 4 atau sekitar 20 % -30 %  dari kematian yang terjadi adalah disebabkan oleh penyakit  ISPA.

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif analitik dengan desain cross sectional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan motivasi ibu terhadap pencegahan ISPA pada balita di Puskesmas Kebun Handil Kota Jambi tahun 2018. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kebun Handil Kota Jambi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 431 orang, sehingga dapat diambil sampel sebanyak 43 ibu yang mempunyai anak balita. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan cara pengisian kuesioner. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juli tahun 2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis penelitian ini menggunakan analisis univariat dan bivariat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 20 responden (46,5%) memiliki pengetahuan cukup, sebanyak 24 responden (55,8%) mempunyai motivasi rendah, sebanyak 25 responden (58,1%) pencegahan ISPA pada balita kurang baik, adanya hubungan antara pengetahuan ibu dengan pencegahan ISPA pada balita di Puskesmas Kebun Handil Kota Jambi dengan nilai p value 0,008 dan adanya hubungan antara  motivasi ibu dengan pencegahan ISPA pada balita di Puskesmas Kebun Handil Kota Jambi dengan nilai p value 0,027

Diharapkan petugas kesehatan melakukan penyuluhan kesehatan mengenai pencegahan ISPA pada balita, pemasangan baliho atau poster serta pembinaan orang tua dan secara rutin menginformasikan tentang pencegahan ISPA pada balita agar ibu aktif dalam melakukan pencegahan ISPA pada balita.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-23