Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indikasi Sectio casesarea (SC) Pada Ibu Bersalin di Rumah Sakit Bhayangkara Mayang Mangurai Polda Jambi

  • Donna Harriya Novidha Universitas Adiwangsa Jambi
  • Silvia Friyandini Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: KPD, CPD, Partus Lama, Plasenta Previa, Gameli, Riwayat SC, Sectio Caesarea

Abstract

Sectio caesarea adalah suatu persalinan buatan, di mana janin dilahirkan melalui suatu insisi pada dinding rahim dengan syarat rahim dalam keadaan utuh serta berat janin diatas 500 gram. Menurut Word Health Organization (WHO) mengatakan standart rata-rata operasi SC sekitar 5-15%. Angka kematian akibat sectio caesarea adalah sekitar 5,8 per 100.000 persalinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi indikasi sc (sectio caesarea) pada ibu bersalin di rumah sakit bhayangkara mayang mangurai polda jambi tahun 2021.

Penelitian ini dilakukan dengan metode survey analitik dengan rancangan pendekatan retrospektif. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 09 sampai 31 Maret 2021 yang bertempat di Rumah Sakit Bhayangkara Mayang Mangurai Polda Jambi dengan jumlah sampel sebanyak 204 orang. Data akan dianalisis secara univariat, bivariat menggunakan uji chi-square dan multivariat menggunakan uji regresi logistic.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara CPD terhadap persalinan SC  dengan p-value 0,003. Tidak ada pengaruh antara KPD terhadap persalinan SC dengan p-value 0,472. Ada pengaruh antara partus lama terhadap persalinan SC dengan p-value 0,008. Ada pengaruh antara plasenta previa terhadap persalinan SC dengan p-value 0,004. Tidak ada pengaruh antara gameli terhadap persalinan SC dengan p-value 0,115. Ada pengaruh antara riwayat SC terhadap persalinan SC daengan p-value 0,000. Hasil analisis multivariat menunjukkan terdapat variabel yang paling dominan mempengaruhi persalinan SC adalah CPD p-value 0,003 dengan risiko terjadi 7,500 kali, Partus Lama p-value 0,008 dengan risiko terjadi 4,000 kali, Plasenta Previa p-value 0,004 dengan resiko terjadi 2,620 kali dan Riwayat SC p-value 0,000 dengan resiko terjadi 1,960 kali.

Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara CPD, partus lama, plasenta previa dan riwayat sectio caesarea (SC) dengan tindakan sectio caesarea (SC) pada ibu bersalin. Tidak ada pengaruh antara ketuban pecah dini (KPD) dan gemeli dengan tindakan sectio caesarea (SC) pada ibu bersalin.

Kata Kunci: KPD, CPD, Partus Lama, Plasenta Previa, Gameli, Riwayat SC, dan Sectio Caesarea

Published
2020-05-13