FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMILIHAN KONTRASEPSI INJEKSI HORMONAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SEKANCING DI DESA SEKANCING ILIR TAHUN 2022

  • Dwi Rahmawati Universitas Adiwangsa Jambi

Abstract

Perkembangan program Keluarga Berencana saat ini bukan saja untuk menurunkan angka kelahiran, tetapi mewujudkan bonus demografi yang berkualitas. Pasangan usia subur dianjurkan menggunakan kontrasepsi untuk mengatur kesuburannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemilihan Kontrasepsi Injeksi Hormonal di Wilayah kerja Puskesmas Sekancing di Desa Sekancing Ilir tahun 2022.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik kuantitatif dengan desain cross sectional. Tempat dan waktu penelitian dilakukan di Desa Sekancing Ilir wilayah kerja Puskesmas Sekancing pada tanggal 26 Februari 2022 sampai dengan 08 Maret 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah 196 orang, jumlah sampel sebanyak 64 responden. Teknik pengumpulan data adalah data primer dan sekunder. Adapun teknik analisa datanya adalah univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square test.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa ada berhubungan yang bermakna antara usia nilai p-value (0,010), pendidikan nilai p-value (0,007), pengetahuan nilai p-value (0,019), dan pendapatan nilai p-value (0,002) dengan pemilihan pemilihan kontrasepsi injeksi hormonal di Wilayah Kerja Puskesmas Sekancing di Desa Sekancing Ilir Tahun 2022.

Diharapkan bagi Puskesmas Sekancing agar meningkatkan program pelayanan serta penyuluhan ke desa-desa tentang KB khususnya pelayanan kontrasepsi injeksi hormonal baik suntik 1 bulan ataupun DMPA.

Published
2022-05-18