STUDI EKOLOGI TEMPAT PERINDUKAN LARVA Anopheles sp DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIMPANG IV SIPIN KECAMATAN TELANAIPURA

  • Fakhrida
  • Bambang

Abstract

Penyakit malaria adalah penyakit yang berbahaya, sehingga harus diwaspadai. Nyamuk Anopheles sp adalah vector penularnya. Upaya yang bisa dilakukan diantaranya mengetahui ekologi tempat perindukan larva Anopheles sp.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis perindukan, kekeruhan, suhu, pH, tumbuhan air dan hewan air yang ada ditempat yang diduga sebagai tempat perindukan larva Anopheles sp yang ada di Wilayah Kerja Puskesmas Simpang IV Sipin.  Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan metode survey yang dilaksanakan di Wilayah Kerja Puskesmas Simpang IV Sipin Tahun 2017.

Hasil penelitan menunjukan di Wilayah Kerja Puskesmas Simpang IV Sipin terdapat 3 jenis tempat perindukan larva Anopheles sp dengan jenis sungai 36,36%, rawa-rawa 100% dan kolam 100% dan ditemukan larva sebanyak 57% dari keseluruhan tempat perindukan.Tempat perindukan larva Anopheles sp dengan kondisi air yang jernih dan keberadaan larva adalah rawa-rawa 75% dengan suhu antara 260 – 300 C,terdapatnya dan memiliki pH  antara 5-6, tempat perindukan dengan tumbuhan air 81,25% dan terdapatnya keberadaan larva. Sedangkan binatang air/predator 37,5% .

Masyarakat yang tinggal disekitar tempat perindukan dapat menghilangkan tumbuhan air di tempat perindukan dan memelihara bintang seperti ikan sebagai predator pemakan larva.

Published
2021-12-30