PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR (STUDI KASUS : SMK NEGERI 6 KOTA JAMBI)

  • Rico Rico Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer, Program Studi Teknologi Informasi,Universitas Adiwangsa Jambi, indonesia
Keywords: Android, Komputer, Jaringan

Abstract

Dengan semakin cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat semua kegiatan menjadi lebih terbantukan dalam segi waktu dan biaya, baik dari segi bisnis maupun pendidikan. Dalam hal ini hampir sebagian aktivitas bisa diakses melalui telepon genggam (handphone). Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi pada era modern ini, setiap informasi diharapkan mampu disajikan secara lebih praktis, misalnya dalam bentuk aplikasi dari berbagai platform, seperti Android.

 Salah satunya penerapan android yang bisa diterapkan adalah dalam sistem pembelajaran. Berdasarkan observasi pada SMK Negeri 6 Kota Jambi hampir 70% siswa-i menggunakan telepon genggam (handphone) yang sistem operasinya android dan berdasarkan fungsional telepon genggam (handphone) rerata digunakan aplikasi sosial media, game, dan streaming, sehingga secara fungsionalnya dalam proses pembelajaran tidak maksimal. Dalam matapelajaran komputer dan jaringan dasar, siswa-i mempunyai beberapa kendala dalam proses belajar mengajar seperti tidak hadirnya guru atau siswa dan cakupan materi. Oleh sebab itu peneliti membantu para guru dan siswa merancang aplikasi pembelajaran matapelajaran komputer  dan jaringan dasar berbasi android pada SMK Negeri 6 Kota Jambi.

 aplikasi pembelajaran matapelajaran komputer dan jaringan dasar berbasis Android menggunakan metode Waterfall dalam proses perancanganya. Sistem kerja aplikasi ini adalah hubungan dari setiap screen yang ada. Meskipun desainnya masih bersifat sederhana,namun pada dasarnya aplikasi ini diharapkan bisa membantu para siswa dan guru khususnya mata pelajaran komputer dan jaringan dasar pada SMK Negeri 6 Kota Jambi.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-25