PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENGHIMPUN DANA TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PENYIMPAN PADA KJKS BMT BINA UMMAT SEJAHTERA CABANG PACIRAN LAMONGAN

  • Lilik Nurcholidah Universitas Islam Lamongan
Keywords: Kualitas Pelayanan, Dimensi Kualitas Pelayanan, Loyalitas Anggota

Abstract

Dewasa ini persaingan dalam dunia usaha tidak lagi ditentukan oleh harga jual produk yang ditawarkan kepada pelanggannya, tetapi lebih kepada kinerja pelayanan yang diberikan. Koperasi Jasa keuangan Syari’ah (KJKS) Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Bina Ummat Sejahtera (BUS) Cabang Paciran Lamongan merupakan perusahaan Jasa Keuangan Syariah  yang sedang berkembang sehingga memerlukan langkah-langkah untuk meningkatkan loyalitas anggotanya. Tujuan dari penelitian ini adalaha untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan penghimpun dana yang terdiri dari variabel Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty secara simultan dan parsial serta variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap loyalitas anggota penyimpan pada KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Paciran Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode analisis data Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Koefisien Determinasi, Uji F dan Uji t. Dari analisis tersebut diperoleh uji F yaitu 9,428 > 2,31 yang berarti secara simultan variabel Tangibles(X1), Reliability(X2), Responsiviness (X3), Assurance(X4), Emphaty(X5) berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas anggota penyimpan(Y) pada KJKS BMT BUS Cabang Paciran Lamongan. Sedangkan hasil uji t menyatakan bahwa variabel Tangibles(X1) yaitu 1,064 < 1,98447, variabel Reliability(X2) yaitu 0,730 < 1,98447, variabel Responsiviness(X3) yaitu 0,088< 1,98447. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak yang berarti secara parsial variabel bebas Tangibles(X1), Reliability(X2), Responsiviness(X3) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas anggota penyimpan(Y) pada KJKS BMT BUS Cabang Paciran Lamongan. Selanjutnya variabel Assurance(X4) thitung>  ttabel  yaitu 4,911  > 1,98447, Emphaty(X5) thitung >  ttabel  yaitu 2,035  >  1,98447. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Yang berarti secara parsial variabel bebas Assurance(X4) dan Emphaty(X5) berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas anggota penyimpan(Y) pada KJKS BMT BUS Cabang Paciran Lamongan. Hasil regresi linier berganda menunjukkan (Y = -1,469 + 0,060X1 + 0,085X2 + 0,011X3 + 0,655X4 + 0,247X5) yang menyatakan bahwa variabel Assurance merupakan variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap loyalitas anggota penyimpan pada KJKS BMT BUS Cabang Paciran Lamongan dengan nilai Beta sebesar 0,655 atau 65,5%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-31