ANALISIS PENGARUH FASILITAS, LOKASI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN ORANG TUA DI LEMBAGA PAUD AL- HASYIMI 2 TAWANGSARI

  • Nuning Nurna Dewi Economic’s Lecture of Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Isfarokhatul Aini Economic’s Lecture of Universitas Maarif Hasyim Latif
Keywords: Fasilitas, Lokasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh fasilitas, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di PAUD AL-Hasyimi 2 Tawaangsari.Penelitian ini dilakukan terhadap kepuasan konsumen PAUD AL-Hasyimi 2 Tawangsari dengan populasi 50 orang tua. Metode pengambilan sampel dengan sampling jenuh yang berarti seluruh populasi dijadikan sampel yakni 50 orang tua siswa dengan menggunakan teknik pengumpulan data atau kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi linier berganda dan analisis deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fasilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 2,540 > ttabel 2,0141 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan lokasi dan kualitas pelayanan tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 22,115 >Ftabel 2,81 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara bersama- sama atau simultan variabel fasilitas, lokasi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signikansi terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil analisis koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai 0,591. Artinya, ketiga variabel fasilitas, lokasi dan kualitas pelayanan secara bersama- sama memberikan kontribusi sebesar 59,1% terhadap kepuasan konsumen, sedangkan sisanya sebesar 40,9% yang merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-17