PENGARUH PELAYANAN PELANGGAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE SHOP HALIMA BUTIK DI SIDOARJO

  • Fathoni Rodli Universitas Maarif Hasyim Latif
Keywords: pelayanan pelanggan, kualitas produk, harga, keputusan pembelilan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan menurunnya tingkatpenjualan baju pada online shop Halima butik di sidoarjo. Diduga faktor-faktoryang melatarbelakangi permasalahan menurunya tingkat penjualan adalahkurangnya kenyamanan dan kepuasan pelanggan dalam proses pembelian,kualitas produk yang menurun dan harga yang tidak sesuai dengan kualitas

produk. Kemudian penulis menjadikan permasalahan tersebut sebagaivariabel-variabel pada Penelitian ini yang berjudul pengaruh pelayananpelanggan, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian padaonline shop Halima butik di sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk

menentukan seberapa besar pengaruh pelayanan pelanggan, kualitas produkdan harga terhadap keputusan pembelian pada Online shop Halima butik diSidoarjo. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisa faktor palingdominan yang mempengaruhi keputusan pembelian pada Online shopHalima butik di sidoarjo.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruhmahasiswa kelas malam yang masih terdaftar di Universitas Maarif HasyimLatif di Sidoarjo yang berjumlah 1.587 mahasiswa. Sampel pada penelitian inimenggunakan teori Arikunto yaitu 10% dari jumlah populasi sebesar 158responden. Teknik penyebaran kuesioner yang digunakan adalah teknikpurposive random sampling (penentuan sampel secara acak denganpertimbangan tertentu).berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa faktor palingdominan yang berpengaruh pada keputusan pembelian adalah variabel hargayang dapat dilihat pada nilai t hitung sebesar 23,081 dengan taraf signifikasihitung sebesar 0,000 tersebutlebih kecil dari 0,05. Lalu variabel kualitas produk diperoleh nilai t hitung sebesar 3,335 dengan taraf signifikasi sebesar0,001 tersebut lebih kecil dari 0,05, dan yang terakhir adalah variabelpelayanan pelanggan yang merupakan variabel dengan hasil t hitung terkecilyaitu 2,932 dengan taraf signifikasi 0,004 lebih kecil dari 0,05. Saran penulisuntuk Online shop Halima butik butuh untuk menjaga hal-hal baik sesuaipenilaian konsumen dan memperbaiki hal-hal yang tidak cukup baik menurutpandangan konsumen. Menambah atribut atribut yang diperlukan untukmenjaga kepercayaan pelanggan dan menambah kenyamanan pelanggandengan memperbaiki sistem pelayanan pada pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-17