IDENTIFIKASI FAKTOR UTAMA PENGHAMBAT PENGEMBANGAN BISNIS DARING BAGI UMKM MENUJU INDONESIA EKONOMI DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.35141/jmj.v7i1.1083Keywords:
Bisnis Daring, UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)Abstract
Perkembangan internet telah mempengaruhi perubahan sistem bisnis secara radikal. Internet mempengaruhi perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi. Teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah di bangun berdasar pada pusat data, kumpulan server, selular dan bisnis sosial. Perkembangan ini sebagai dasar revolusi industri 4.0. Pemerintah Republik Indonesia cukup adaptif menghadapi revolusi industri 4.0 dengan pengembangan Road Map for Industri 4.0, sebuah cetak biru pengembangan industri digital di Indonesia. Indonesia Digital Ekonomi telah menjadi visi perkembangan bisnis di Indonesia. Pemerintah Indonesia menyadari bahwa 70% perusahaan di Indonesia adalah usaha mikro kecil menengah (UMKM), sehingga pemerintah Indonesia telah menetapkan tulang punggung keberhasilan Indonesia Ekonomi Digital adalah UMKM. Bisnis daring menjadi salah satu strategi yang efektif bagi akselerasi UMKM menuju Indonesia Digital Ekonomi. Tujuan studi ini adalah untuk mencari faktor penghambat pengembangan bisnis daring bagi UMKM di Indonesia. Studi ini menunjukkan 1) ketidaksesuaian bisnis daring dengan perusahaan, 2) bisnis daring tidak aman dan berbiaya tinggi dan 3) implementasi bisnis daring memerlukan waktu dan model yang tepat bagi UMKM.