Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Bermuatan Literasi Sains Terhadap Kompetensi Belajar
DOI:
https://doi.org/10.35141/jie.v6i1.677Keywords:
problem based learning, literasi sains, kompetensi belajarAbstract
Model pembelajaran PBL mencirikan penggunaan masalah kehidupan nyata sebagai sesuatu yang harus dipelajari peserta didik untuk meningkatkan kompetensi belajar dan pemecahan masalah serta mendapatkan pengetahuan konsep-konsep penting. Literasi sains adalah kemampuan menggunakan pengetahuan dan berpikir secara ilmiah dalam upaya memecahkan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design yang membandingkan hasil Pretest dan Posttest antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Pemilihan desain penelitian ini didasarkan pada tujuan penelitian yang membandingkan pencapaian kompetensi belajar peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan sebagai tanda adanya pengaruh dari perlakuan yang diberikan. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) bermuatan literasi sains dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan peserta didik secara signifikan, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) bermuatan literasi sains berpengaruh terhadap kompetensi sikap peserta didik secara signifikan dan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) bermuatan literasi sains mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi keterampilan peserta didik secara signifikan.