Keefektifan Permainan Monopoli IPA terhadap Kemampuan Kognitif dan Sikap Ilmiah Siswa SD

  • Ela Suryani Universitas Ngudi Waluyo
Keywords: monopoli IPA, kemampuan kognitif, sikap ilmiah

Abstract

Pembelajaran IPA di kelas IV SDN Wujil 01 menunjukkan kemampuan kognitif siswa yang masih dibawah KKM sebanyak 76% dan sikap ilmiah siswa yang masih rendah sebesar 18%. Oleh karena itu, perlu adanya solusi inovasi perbaikan pembelajaran IPA di kelas yaitu media dengan menggabungkan unsur permainan. Salah satunya adalah permainan monopoli IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan permainan monopoli IPA terhadap kemampuan kognitif dan sikap ilmiah siswa SD. Selain itu, bisa dijadikan strategi bagi guru SD maupun calon guru SD dalam mempersiapkan proses pembelajaran IPA yang menyenangkan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain two-group posttest only desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan observasi. Analisis data meliputi 1) instrumen tes uji coba menggunakan program aplikasi Anates V.4 meliputi validitas tes, uji reabilitas, daya pembeda saoal, dan tingkat kesukaran soal; 2) uji normalitas uji kolmogorov-smirnov dalam software PASW Statistics 18. 3) uji homogenitas dalam penelitian ini menggunakan uji levene test (test of homogeneity of variences) dalam software PASW Statistics 18; 4) kesamaan rata-rata menggunakan independent sample t-test dengan software PASW Statistics 18.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan permainan monopoli IPA efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan sikap ilmiah siswa SD. Hal ini ditunjukkan dari taraf signifikansi  yaitu 0.008 dan 0.005 < 0.05 sedangkan rata-rata nilai pembelajaran IPA pada kelas eksperimen dengan menggunakan permainan monopoli IPA lebih tinggi daripada rata-rata nilai pembelajaran kelas kontrol (83.55 > 71.26). Selain itu, sikap ilmiah yang dimiliki siswa SD selama proses pembelajaran menggunakan permainan monopoli IPA dalam kategori sangat baik dengan presenase 84,02%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-28