Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII E SMPN 6 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 Melalui Model Pembelajaran Guided Discovery Setting Group Investigation (GI)

  • Novika Sukmaningthias Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: Minat Belajar, Guided discovery, Group Investigation

Abstract

Minat belajar merupakan aspek afektif yang penting dalam pembelajaran matematika. Aspek
ini menjadi salah satu dasar keberhasilan siswa dalam pencapaian pemahaman materi
maupun prestasi dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
Meningkatkan minat dalam pembelajaran matematika menggunakan model guided
discovery setting group investigation pada kelas VIII E SMP 6 Yogyakarta. Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan minat
belajar matematika siswa kelas VIII E SMP N 6 Yogyakarta semester 1 tahun pelajaran
2016/2017. Penelitian dirancang menggunakan model siklis. Desain penelitian tindakan ini
dirancang dalam beberapa 4 tahapan untuk setiap siklus yang mengacu pada model
Kemmis dan McTaggart (Koshy, 2010: 5), yaitu: (1)perencanaan, (2)pelaksanaan,
(3)pengamatan, dan (4)refleksi. Tindakan penelitian dilakukan dalam kompetensi dasar
menentukan gradien, persamaan, dan grafik garis lurus dan Sistem persamaan linear dua
variabel. Untuk siklus pertama pada materi persamaan garis lurus dan siklus dua pada
materi Penelitian dirancang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan
setelah diterapkan model guided discovery tipe Group Investigation (GI) minat belajar
matematika siswa meningkat hal ini dapat dilihat dari indikator-indikator dalam mengukur
minat siswa tersebut. kondisi minat siswa sebelum diberikan perlakuan adalah sebesar
81,68% atau sedang, kemudian setelah diberikan perlakuan kondisi minat siswa berubah
untuk siklus 1 adalah sebesar 101,94% dan untuk siklus 2 adalah 103,39%. Berdasarkan
apa yang telah dikemukakan diatas maka pembelajaran dengan menggunakan model
Guided discovery setting Group Investigation (GI) dapat meningkatkan minat belajar
matematika siswa
.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-10