GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PEMBERIAN ORALIT PADA BALITA YANG MENGALAMI DIARE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PUTRI AYU KOTA JAMBI TAHAUN 2015

  • Mila Febrina Rindayani Program Studi S1 Farmasi, Fakultas Kesehatan dan Farmasi, Universitas Adiwangsa Jambi, Jambi, Indonesia

Abstract

Secara global kematian yang disebabkan diare di antara anak-anak terkihat menurun dalam kurun waktu lebih dari 50 tahun, namun angka kesakitannya masih tetap tinggi. Jumlah kematian anak sebesar 12.4 juta orang, menurun menjadi sebesar 8.8 juta kasus, tetapi tetap saja diare dan pneumonia masih membunuh sekitar 3 juta anak pertahun. Saat ini angka kematian yang disebabkan diare adalah 3,8 per 1000  per tahun, median insiden secara keseluruhan pada anak usia dibawah 5 tahun adalah 3,2 episode anak per tahun.

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Pemberian Oralit Pada Balita Yang Mengalami Diare Di Wilayah Kerja Puskesmas Putri Ayu Kota Jambi Tahun 2015. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 28- 30 Agustus 2015. Sasaran penelitian ini adalah sebagian dari ibu-ibu yang memiliki anak balita yang pernah mengalami diare di wilayah kerja Puskesmas Putri Ayu Kota Jambi. Sampel penelitian sebanyak 37 responden dari 247 total populasi yang dilakukan secara simple random sampling. Hasil penelitian dianalisis dengan analisis univariat.

Berdasarakan hasil penelitian menunjukan sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang kurang baik tentang pemberian oralit yakni sebanyak 18 (48,6%) responden, memiliki pengetahuan cukup 14 (37,9%) responden, dan yang memiliki pengetahuan baik 5 (13,5%).

Disarankan bagi Dinas Kesehatan Kota Jambi perlu diadakannya Pendidikan Kesehatan atau informasi Kesehatan untuk menambah wawasan klien tentang pemberian oralit pada balita.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-17